17 agustus 2010.. ga ada yg sepecial. karena hari kemerdekaan tahun ini jatuh pada bulan Ramadhan, jadi ga ada yg menarik, ga ada lomba makan kerupuk, balap karung, masukin benang dalam jarum, masukin jarum dalam botol dan lomba - lomba lain nya, yg sampai setua ini, gw masih ga mengerti maksud dari kegiatan tersebut. biasa nya kalo 17'an banyak tontonan, contohnya nontonin anak kecil yg dibodohi sama panitia 17'an, disuruh lari kesana sini, panas - panasan, cuma buat dapetin buku sama pulpen, paling top tas ransel sama tempat air minum. semua itu hanya hiburan menyambut hari kemerdekaan negara gw yg tercinta ini.
ternyata benar, menahan lapar adalah kegiatan yg menyebalkan. waktu menunjukan pukul 04:00 sore, jam - jam segini lah ujian berpuasa mulai terasa. karena, kalo jam segini para tukang makanan buat buka puasa mulai berhamburan, menawarkan dagangannya yg berwarna - warni, menggugah selera. pada jam segini juga para muda mudi mulai hilir mudik berkeliling, biasa nya kegiatan ini biasa disebut ngabuburit.
gw lagi duduk bareng setan jahat di depan pagar rumah kosong yg udah lama ditinggalin pemiliknya, mandangin jalanan komplek yg penuh dengan orang bolak balik. ada yg sekedar ngabuburit, tebar pesona, nyari hidangan buat berbuka dan banyak juga yg ga jelas apa maksudnya, cuma mereka dan tuhan yg tau.
bulan Ramadhan mulai kehilangan makna nya kalo udah sore - sore begini. banyak gadis - gadis yg lupa menutup aurat nya, mereka memakai celana pendek yg terlalu pendek, sehingga paha mereka menjadi sebuah pemandangan yg indah dan merusak iman. ada juga yg boncengan sama pacarnya dan memeluk nya erat - erat, seperti penunggang kuda yg takut terpental dari kuda nya. apakah aqidah sudah tidak ada lagi dihati para pemuda pemudi penerus bangsa? atau mereka sengaja melupakan nya? hanya tuhan yg tau.
gw cuma bisa benggong, tatapan gw kosong, seperti karyawan yg baru aja kena PHK, udah gitu duit pesangonnya jatuh entah dimana. pandangan gw dipenuhi oleh para muda - mudi yg sedang ngabuburit, hilir mudik, tertawa riang, becanda dengan koloninya bahkan ada yg sedang memadu cinta dibawah pohon ketapang dan segelintir kegiatan lain yg sama sekali tidak mencerminkan kesucian bulan Ramadan. di sebelah gw setan jahat cengar cengir sambil ngunyah permen karet, persis kayak Lupus dengan jambul yg berdiri angkuh di atas kepala nya, lagi asik dengerin Ipod, raut muka nya senang, seolah hati nya berbunga - bunga. gw tau apa yg membuat ia begitu senang.. ia pasti merasa, bakal banyak manusia yg akan menamaninya nanti di neraka.
"ente kenape bos..???". setan jahat mencoba membuka pembicaraan.
"laper.....". mood gw lagi jelek gara - gara kelaperan.
dengan wajah tanpa dosa, setan jahat mengeluarkan sebungkus roti dari ransel nya. alhasil sebuah kep'lakan maut mendarat tepat di kepala nya.
"PLAKKK!!!".
"ente galak bos, niat ane kan bae...".
"tanggung udah jam segini.. kalo mau ngajak buka dari tadi siang... hhmm".
gw kembali dalam lamunan gw, setan jahat juga kembali asik dengan permen karet dan Ipod nya. sore tetap berlalu, dengan awan mendung yg teduh menghiasi langit sore. matahari seolah malu mengeluarkan cahaya nya. suasana nya teduh, seteduh hati para manusia yg seperti nya telah kehilangan arah.
YooI..
BalasHapus